Aksi Hepatitis: Saatnya Peduli Hepatitis. Ketahui, Cegah dan Obati!

Aksi Hepatitis: Saatnya Peduli Hepatitis. Ketahui, Cegah dan Obati!

ingginya angka kejadian hepatitis di Indonesia dan rendahnya pengetahuan masyarakat akan penyakit ini membuat Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia (PPHI) bekerjasama dengan Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan beberapa perusahaan farmasi menyelenggarakan Aksi Hepatitis. Aksi ini sekaligus merupakan acara puncak dari rangkaian perayaan Hari Hepatitis Sedunia (World Hepatitis Day) tahun 2013 yang keempat. Acara ini bertempat di Silang Monas dan diselenggarakan pada tanggal 8 September 2013. Acara berupa Jalan Sehat dan Sepeda Santai dengan rute Silang Monas – Bundaran Hotel Indonesia – Monas.

Acara dibuka oleh dr. Nafsiah Mboi, SpA, MPH selaku Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada pukul 06.30 WIB. Dalam kesempatan tersebut dr. Nafsiah Mboi, SpA, MPH mengutarakan berbagai jenis virus hepatitis, cara penularan dan pentingnya menjaga Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) untuk mencegah penularan infeksi virus hepatitis. Dr. dr. Rino A Gani, SpPD-KGEH sebagai Pengurus Besar Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia (PPHI) menjelaskan hal serupa dan menekankan pentingnya penyebaran informasi yang benar mengenai penyakit hepatitis.

Acara dihadiri oleh 3000 peserta, yang terdiri atas peserta jalan sehat dan sepeda santai dari berbagai kalangan, baik masyarakat awam maupun Lembaga Swadaya Masyarakat. Pengibaran bendera oleh dr. Nafsiah Mboi,SpA, MPH, menjadi tanda dimulainya acara tersebut.Panggung hiburan yang diisi oleh pentas musik dan atraksi silat Sin Lam Ba serta pengundian berbagai doorprize, seperti sepeda listrik, TV, dan telepon genggam menjadi acara puncak sekaligus penutup. Diharapkan melalui acara tersebut, kesadaran dan pengetahuan yang benar mengenai penyakit hepatitis semakin meluas.

Ingin melihat foto kemeriahan acara Aksi Hepatitis?